TAMAN NASIONAL

Taman Nasional Gunung Leuser
Aceh Tenggara/ Selatan/Timur, Langkat, Nangroe Aceh Darussalam

Balai Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem
Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam
TAMAN NASIONAL
GUNUNG LEUSER
Aceh Tenggara/ Selatan/Timur, Langkat
Dasar Penetapan:
Menhut No. 276/KPTS-VI/1997, 23 Mei 1997
Luas area: 867.789 ha.
Nomor Register Kawasan: 100241001
KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN
Pohon buah-buahan yang terdapat di TN Gunung Leuser antara lain durian hutan (Durio exyleyanus) dan (Durio zibethinus), rambutan hutan (Nephelium lappaceum), jeruk hutan (Citrus macroptera), duku (Lansium domesticum), rambai (Baccaurea montleyana), dan juga menteng (Baccaurea racemosa). Selain itu juga ada rukem (Flacourtia rukem) dan limus. Ada dua spesies limus yang ditemukan yaitu (Mangifera foetida) dan (Mangifera guardrifolia). Limus merupakan buah sejenis mangga.

TN Gunung Leuser juga menjadi tempat tumbuh beberapa tumbuhan langka, di antaranya yaitu pohon payung raksasa (Johanesteisjmania altifrons), liana dengan bunga parasit yang diameternya bisa mencapai 1,5 meter, Rhizanthes zippelnii, dan juga Rafflesia atjehensis. Dapat pula dijumpai anggrek sepatu (Paphiopedilum liemianum) dan kantong semar (Nepenthes sp.).
Sumber:
https://rimbakita.com/taman-nasional-gunung-leuser

Plantamor adalah tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan, mulai dari namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk menyediakan sarana untuk melihat secara virtual tampilan mereka di lokasi nyata tempat tumbuhnya.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam catatan Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA. Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA, Plant Resources of South-East Asia merupakan salah satunya. Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari sumber lain jika masih diperlukan untuk verifikasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus