TUMBUHAN DAN SEJARAH (SETELAH MASEHI)

332
Constantine mengeluarkan perintah untuk memberi penghargaan bagi para pengguna tanah milik kerajaan. Tujuannya untuk menjaga agar tidak ada lahan-lahan milik kerajaan yang dibiarkan menganggur (tidak ada yang menggarap). (Gras, 1946)
290
Dalam ruang penyimpanan mayat seorang pahlawan suku Moche di Peru tersimpan perhiasan emas dan perak dalam bentuk menyerupai kacang tanah. (Levetin & McMahon, 1996)
280
Raja Roma, Probus, menentang aturan yang dibuat oleh pendahulunya (Domitian) yang melarang penanaman anggur di beberapa provinsi tertentu. (Johnson, 1989) Raja Domitian mengeluarkan larangan itu pada tahun 92 gara-gara para petani banyak yang lebih suka menanam anggur daripada gandum dan mengakibatkan stok gandum berkurang.
105
Tahun pertama kertas tradisional dibuat. Si pembuat kertas, Ts’ai Lun, menggunakan bagian dalam kulit kayu pohon saeh Broussonetia papyrifera. (Levetin & McMahon, 1996) Deretan pohon saeh bisa dilihat di sepanjang tempat parkir Kebun Raya Huntington, San Marino, California.
+/- 90
John the Baptist memprediksi keruntuhan kerajaan Romawi (disamarkan dengan nama Babilon). Ia melukiskan bagaimana sedihnya para saudagar di kota Roma yang meratapi hilangnya kayu manis dan getah wangi Boswellia sacra yang mereka miliki. (Rosengarten, 1969)
79
24 Agustus – Pompeii (Kota kuno di Italia) terkubur oleh lahar letusan gunung api Vesuvius. Ada kisah, walnut di atas meja makan para pendeta tetap dalam keadaan tersaji begitu saja karena acara makan mereka tiba-tiba terhenti oleh adanya letusan. (Root, 1980)
+/- 70
Pliny (Caius Plinius Secundus, 23-79), dalam bukunya yang berjudul Natural History, membahas sekitar 1000 jenis tumbuhan. Bukunya sangat populer sepanjang jaman pertengahan dan merupakan sumber informasi utama tentang botani. Sebagai seorang sejarawan dan penutur cerita, Pliny menulis dengan bahasa ringan bahkan cenderung berbunga-bunga. Begitu naskah aslinya ditemukan dan dicetak, tampak ada kekeliruan yang memang berasal dari naskah aslinya. Terlepas dari kekeliruan itu, melalui karya Pliny kita mengetahui harga-harga produk pada jaman itu dan juga tahu kalau pada saat itu petani menanam kacang-kacangan bergantian dengan spelt (sejenis gandum) Triticum aestivum. Ia juga menulis komentarnya tentang trend penggabungan lahan-lahan pertanian dalam rangka menciptakan perkebunan dengan sistem perbudakan. (Gras, 1946)
+/- 50
Dioscorides, Bapak Tumbuhan Obat, adalah penyusun kompilasi deskripsi tubuhan obat kuno yang merupakan naskah tentang botani dari barat paling terkenal pada jaman pertengahan (abad ke 5 - 15) (HNT). Pada masa-masa awal pengobatan herba, pengaruh deskripsi Dioscorides tentang tumbuhan sangatlah kuat. Dengan semakin berkembangnya pengetahuan tentang alam pada abad ke 16, para praktisi pengobatan herba mulai mendeskripsikan tumbuhan sendiri-sendiri dan mulai saat itulah pengaruh Dioscorides mulai memudar.
+/- 40
Seorang saudagar berkebangsaan Yunani bernama Hippalus menyatakan bahwa angin musim bisa dimanfaatkan untuk membawa pelaut dari Mesir ke Malabar, pusat lada di pantai barat India, atau sebaliknya. Pengetahuan ini dimanfaatkan oleh para pelaut Romawi untuk berlayar ke India sambil menghindari jalur darat yang dikuasai oleh para pedagang Arab. Jalur dagang lewat laut ini tercatat dalam Periplus, sebuah buku yang sudah dikenal sejak tahun 90 Masehi. (Rosengarten, 1969)
+/- 32
Harga minyak spikenard melambung sangat tinggi. Wewangian yang diambil dari pohon Nardostachys jatamansi itu diterangkan dalam salah satu episode Kitab Injil dalam Mark 14:3-6. Dalam bacaan ini, orang beriman diwajibkan mengolesi Yesus Kristus dengan minyak spikenard yang harganya selangit itu. Pada masa Pliny [Lihat +/-70] dimana jalinan dagang langsung dengan India semakin intens [Lihat +/-40] harga minyak spikenard bisa turun hingga sepertiga dari harga sebelumnya. (Rosengarten, 1969)
+/- 32
Upacara Minggu Palem dinyatakan dalam Kitab Injil. Mereka menggunakan daun kurma dalam upacara. Kurma Pheonix sp. memang telah lama dijadikan pohon kehidupan di gurun-gurun. Dengan kandungan gula yang mencapai 70%, buah kurma telah menjadi sumber hidup bagi manusia dan binatang. Lebih dari itu, kurma selalu diasosiasikan dengan kesuburan.