TUMBUHAN DAN SEJARAH (SETELAH MASEHI)

+/- 1200
Pohon opium, Papaver somniferum, diperkenalkan ke Cina.
1150
Kertas dibuat di Spanyol dan merupakan kertas pertama yang dibuat di Eropa, diperkenalkan oleh pendatang Muslim. (Levetin & McMahon, 1996)
1057
Kaisar Cina Jun Tsung memerintahkan agar daftar obat resmi (Pharmacopeia) yang baru segera disusun. Lebih dari 1000 gambar tumbuhan berhasil dikumpulkan dan lebih dari 1000 jenis tumbuhan dibahas.
1000
Banyak tanaman termasuk bayam dan zaitun tiba di Spanyol, dibawa oleh pendatang Muslim.
903
Ibn al-Faqih menerbitkan Mukhtasar Kitab al- Buldan, yang menjelaskan bahwa sorghum dan kacang sapi merupakan makanan pokok orang Ghana. (R. L. Hall in Viola & Margolis, 1991)
900
Orang- orang Flander dan Zeeland, Belanda, mulai membuat tanggul-tanggul di pinggir laut dan mengeluarkan air laut dari dataran rendah untuk dijadikan lahan pertanian. Dengan semakin banyaknya penduduk, 300 tahun kemudian Belanda membuat tanggul permanen untuk tujuan yang sama. (Ponting, 1991)
867
King Charles the Bald menghibahkan tanah kepada Loire di Chablis untuk dijadikan kebun anggur. Anggur Chablis dan Loire menjadi terkenal di Paris sampai sekarang. (Johnson, 1989)
857
Ribuan jiwa manusia melayang di Rhine Valley (Jerman). Belakangan diketahui penyebabnya adalah infeksi jamur dari biji rye. Patogen berupa jamur tersebut memang sedikit mengubah warna biji rye, namun tidak menampakan tanda-tanda khusus yang bisa dilihat kecuali tanda seperti pembusukan biasa. Sakit yang paling parah akan diderita jika orang mengonsumsi biji yang memang sudah mulai membusuk. Wabah ini terus merajalela hingga tahun 1816. Bahan aktif yang menjadi biangnya adalah ergotamin dimana ketika biji rye dibakar berubah menjadi asam lysergic dietilamid (LSD). Suatu penelitian menunjukan bahwa peristiwa tragis di Salem, Massachusetts tahun 1692 yang dikenal dengan peristiwa “witch trials”, berawal dari halusinasi sekelompok masyarakat yang keracunan rye. (Jadi bukan karena ulah sekelompok orang yang dituduh memiliki ilmu guna-guna dan kemudian dihukum digantung). (Root, 1980).
812
Raja Charlemagne memerintahkan agar lahan-lahan pertanian milik kerajaan di Jerman ditanami anis Pimpinella anisum, adas Foeniculum vulgare, halba (Ing: fenugreek) Trigonella foenum-graecum, dan flax Linum usitatissimum. (Rosengarten, 1969)
775
Raja Charlemagne (Penguasa Kerajaan Franks, yang juga dikenal dengan nama Charles the Great) menghibahkan tanah di bukit Corton kepada Abbey of Saulieu. Anggur yang berasal dari wilayah ini hingga sekarang dikenal dengan nama Corton-Charlemagne. (Johnson, 1989)
746
Orang Belanda dan Jerman menambahkan hop Humulus lupulus untuk campuran bir. Hingga tahun 1524 Inggris tidak pernah menggunakan hop untuk campuran bir. (Simpson, 1989)
632
Nabi Muhammad (SAW) wafat. Larangan mengonsumsi alkohol yang beliau sampaikan mulai kelihatan dampak langsungnya. Dalam jangka waktu sepuluh tahun semenjak beliau wafat segala jenis minuman memabukan telah dilarang di seluruh Arabia dan di negara- negara Islam lainnya (Mesir, Libia, Palestina, Suriah, Mesopotamia, dan Armenia). (Johnson, 1989).
610
Pembuatan kertas diperkenalkan dari Cina ke Jepang. (Levetin & McMahon, 1996)
+/- 600
Nabi Muhammad (SAW) ikut andil dalam kepemilikan sebuah perniagaan di Mekah. Beliau berdagang hasil pertanian seperti getah wangi Commiphora myrrha, lubban Boswellia sacra, dan rempah-rempah. (Rosengarten, 1969)
593
Teh mulai dibawa ke Jepang dan menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap upacara ritual agama Budha disana. (Simpson, 1989)
548
Cosmas Indicopeutstes menulis buku Topographia Christiana, menerangkan hal-hal yang penting dalam memanen dan mengolah lada Piper nigrum. (Rosengarten, 1969).
500
Kopi yang diduga merupakan tanaman asli Etiopia telah dikenal sebagai minuman di Arab. Diperkirakan biji kopi mulai diolah secara serius sejak tahun 1450an dan dikenal sebagai minuman di Mesir mulai tahun 1510, di Konstantinopel tahun 1550, di Venisia tahun 1616, di Inggris tahun 1650, dan di Belanda tahun 1690. Tahun 1600 kopi ditanam di India, Sri Langka dan Indonesia. Perkebunan kopi yang sekarang tersebar di wilayah Karibia dan Brasil semula hanyalah berasal dari satu batang pohon yang ditanam di Amsterdam. [Lihat 1706]
400
Alaric (Raja Visigoths – salah satu suku bangsa di Jerman) menarget 3000 pound lada hitam sebagai jaminan keamanan kota Roma. Tekanannya terhadap kota Roma terus dilakukan hingga akhirnya Kerajaan Romawi yang pernah sangat digdaya itu runtuh pada tanggal 24 Agustus 410 setelah mendapat serangan yang ketiga dari pasukan Alaric. (Rosengarten, 1969)
+/- 350
Selama jaman pertengahan (abad ke 5 – 15) muncul beberapa naskah herba yang isinya kurang ilmiah. Isinya tidak berdasarkan observasi sebagaimana naskah-naskah herba yang mengacu pada karya Dioscorides. Beberapa naskah yang disusun oleh Apuleius misalnya, sangat parah baik dari segi deskripsi maupun ilustrasinya. Kebun Raya Huntington menyimpan buku cetakan pertama karya Apuleius (1483), yang dianggap sebagai naskah herba yang pertama dalam bentuk cetakan. (HNT)
335
Cengkih dikirim ke Constantine. Ini merupakan laporan pertama masuknya cengkih ke dunia barat. Kuncup bunga dari tanaman cengkih ini Syzygium aromaticum telah dikenal di China berabad-abad lamanya dimana dalam etika Han Court, siapapun yang diterima untuk bertemu dengan raja harus mengenyam cengkih untuk mengharumkan nafasnya. (Root, 1980)

Plantamor adalah situs pribadi yang didedikasikan sebagai tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan mulai dari nama-namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk di antaranya peraturan perundangan, peta online kawasan konservasi, artikel dan peristiwa sejarah terkait tumbuhan, dan sarana virtual untuk melihat tampilan fisik berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata di berbagai sudut dunia.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam database Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA (US Department of Agriculture). Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari dan menggunakan sumber-sumber pengetahuan lain, termasuk pengetahuan dan pengalaman pribadi, jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus