Tiga Jenis Woodii yang Selalu Diburu Para Kolektor
TanamanLangka.com (01/11/2011)
Woodii merupakan tumbuhan dari keluarga Sikas. Woodii yang dikenal saat ini antara lain Woodii Ngoye, Woodii krantzkloof, dan Woodii monatery.

Woodii Ngoye adalah woodii yang disebut sebut sebagai real woodii yang ditemukan oleh John Medley Wood pada tahun 1895 di Ngoye Forest. Saat ini Woodii tersebut dapat dilihat di Durban Botanical Garden, Afrika Selatan.

Woodii Krantzkloof adalah sikas yang sangat mirip dengan Woodii yang berasal dari Molweni River Gorge (Krantzkloof Nature Reserve). Woodii ini hanya terdapat di private garden milik kolektor.

Woodii Monastery adalah Woodii yang disinyalir merupakan silangan alam antara E. Natalensis dengan Woodii Ngoye atau dengan Woodii Krantzkloof.

Antara Woodii Ngoye dengan Krantzkloof secara kasat mata keduanya sangat sukar dibedakan sampai ketika Prof Nat Gobbler melakukan penelitian lebih mendetil, barulah diketahui perbedaan keduanya yang terletak pada bentuk sporophyll.

Yang perlu dicermati dalam membeli Woodii yang ditawarkan adalah menanyakan secara persis Woodii-nya itu Woodii apa? Karena ketiga tiganya dijual dengan label Woodii.