Cara Jitu Mengendalikan Penyakit Busuk Pangkal Batang Pada Tanaman Wijen
Cece Suhara (05/17/2006)

Salah satu kendala dalam pengusaha wijen adalah gangguan penyakit. Hasil inventarisasidi daerah pengembangan tanaman wijen ditemukan adanya penyakit dengan gejalakeriting daun; becak batang, daun dan buah; busuk akar, batang dan buah; penyakit layudan phylody. Kerugian yang ditimbulkan akibat gangguan berbagai patogen dapatmenurunkan produksi 50%. Penyakit potensial yang sering merugikan ditemukan antaralain penyakit dengan gejala busuk pangkal batang, patogen penyebabnya adalahPhytophthora sp.

Gejala serangan awal dari penyakit ini yakni menyebabkan polong berwarna hijau kusamditumbuhi meselia halus berwarna putih, dalam perkembangan selanjutnya polongmenjadi berwarna hitam. Apabila polong yang terserang menempel pada batang, makabagian batang akan ikut terserang dan berwarna coklat. Biji buah yang terinfeksiberwarna kuning berbecak coklat. Patogen penyebabnya dapat pula menimbulkan kankerbatang dari permukaan batang sampai titik tumbuh. Apabila yang terserang pangkalbatang maka tanaman akan layu, sedangkan bila yang terserang bagian atas maka yangterpengaruh hanya bagian atasnya saja.

Penyebab:
Phytophthora yang ditemukan pada wijen di Indonesia belum diidentifikasi sehinggadinamai Phytophthora sp. Patogen ini termasuk tular tanah dan dapat menyebabkan rebah kecambah pada bibit, menyerang batang, bunga dan buah, sehingga sangat potensialmenimbulkan kerugian. Uji terhadap buah, daun, bibit di rumah kasa menunjukkanbahwa patogenisitas cendawal ini tinggi karena semua bagian yang diinokulasimenunjukkan gejala dalam waktu kurang satu minggu. Penyakit berkembang cepat padasuhu 280 ? 300 C. Peningkatan suhu akan menurunkan serangan.

Daerah Penyebaran:
Penyakit ini pertama kali dilaporkan di Peru, ditemukan pula di India, Nigeria dan diIndonesia. Khusus di Indonesia menurut Ibrahim et. al. , (1996) penyakit ini telahditemukan di Karangjati (Boyolali), Kebon (Ngawi), Kedawung dan Klakah (Lumajang).

Pengendalian:
Pengendalian penyakit secara kimiawi mempunyai dampak negatif terhadap lingkungandan microorganisme non target. Alternatif yang paling aman dengan menggunakankonsep pengendalian penyakit secara terpadu yang di dalamnya mengatasi tujuan tersebutyaitu dengan meningkatkan ketahanan varietas melalui program pemuliaan. Dari hasilpenelitian Suhara et. al. , (2004) telah diperoleh beberapa galur harapan 99001/9/1;99001/9/3; 99001/9/7; 99001/10/9; 99001/12/6; 9900/14/8 dan varietas SBR-1 yangtahan terhadap penyakit busuk pangkal batang ini.

Menurut Holliday (1980) penyakit yang disebabkan oleh Phytophthora sp. Dapatdikendalikan dengan senyawa Copper dan Zineb. Song et. Al. (1987) mengatakan bahwakombinasi metalaxyl + benomil + copper clorida (6,5+15+25%) adalah kombinasi tigafungisida yang paling baik untuk mengendalian penyakit ini masih belum bisa dilakukanselain mencabut dan membuangnya kemudian dibakar agar tidak menulari tanaman sehatlainnya.

Penulis dari Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat, Malang

Plantamor adalah tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan, mulai dari namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk menyediakan sarana untuk melihat secara virtual tampilan mereka di lokasi nyata tempat tumbuhnya.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam catatan Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA. Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA, Plant Resources of South-East Asia merupakan salah satunya. Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari sumber lain jika masih diperlukan untuk verifikasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus