Tanaman Juga Mengendus
(10/03/2006)

TEMPO Interaktif, Washington:
Kalau pernah menonton film Lord of The Ring, terutama di seri keduanya Twin Towers, Anda akan mengenal tokoh Treebeard. Berasal dari bangsa Ent, ia adalah pohon yang tidak sekadar hidup tumbuh semakin tua, tapi juga ngobrol dan berdiskusi dengan sesamanya.

Nyaris mirip, tim peneliti dari Pennsylvania State University, menemukan kalau tumbuhan parasit dari keluarga Dodder -genus Cuscuta- ternyata memiliki bahasa kimia. Bahasa itu membuatnya bisa mengendus mana tanaman tomat yang disukainya, mana gandum yang tidak akan dijalarinya kalau memang sudah tidak ada pilihan jenis tanaman yang lain.

Selama ini peneliti bingung bagaimana tumbuhan parasit itu bisa menemukan tanaman inang favoritnya. Seperti Dodder, parasit yang satu ini hanya menggemari tanaman tomat, wortel, bawang, jeruk, cranberry, alfalfa, dan tanaman bunga sebagai gantungan hidupnya.

Dalam penelitiannya, tim yang dipimpin Consuelo M. De Moraes, menempatkan tanaman tomat dekat Dodder yang baru saja bertunas. Sebanyak 80 persen parasit itu segera tumbuh mengarah ke tanaman tomat. Begitu juga ketika hanya bahan kimia yang diekstrak dari tomat dioleskan pada sebuah karet, 73 persen parasit itu juga langsung tumbuh mengarah ke sana.

Begitu juga ketika Dodder dihadapkan pada dua pilihan, tomat dan gandum. Dodder tetap memilih tomat.

Tanaman jelas tidak memiliki hidung karena itu Mark C. Mescher, anggota tim, menyatakan belum tahu bagaimana Dodder bisa mengendus keberadaan bahan kimia tomat. ?Ketika benih mulai mengeluarkan tunasnya, tunas itu sepertinya berputar-putar ke segala arah mencari mangsanya,? katanya.

(ap,science)


Selamat datang di Plantamor. Situs ini kami kembangkan sebagai ajang untuk berbagi informasi mengenai tumbuhan mulai dari nama ilmiahnya, nama umumnya, kekerabatannya, hingga penampakannya. Selain itu, di situs ini kami juga berbagi infomasi mengenai berbagai hal yang relevan dengan dunia tumbuhan. Melalui peta online kami juga menyediakan sarana untuk melihat secara virtual penampakan berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata tempat tumbuhnya.

Informasi tentang nama-nama tumbuhan di situs ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Untuk nama-nama ilmiah dan taksanya sebagian besar kami merujuk ke situs tumbuhan milik USDA (US Department of Agriculture). Sumber lain yang paling sering kami jadikan rujukan adalah buku "Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees" hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum tumbuhan dalam bahasa Inggris di situs ini hampir bisa dipastikan berasal dari dua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Kami juga mengacu ke sumber-sumber lain jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih Anda telah mengunjungi situs kami. Situs ini merupakan kreasi pribadi yang sama sekali tidak memiliki kaitan dengan institusi manapun. Karena itu kami sangat senang apabila Anda bersedia menyumbangkan kritik atau saran untuk meningkatkan manfaat dan perbaikan yang berkelanjutan dari situs ini. Kami dapat dihubungi melalui alamat email di muslihudin dot c at gmail dot com.



Terima kasih,
Cak Mus