Kiat Tanaman Sehat
(04/14/2007)

Prabukusumo punya kiat tersendiri agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat dan indah. Caranya:

- Pakai tlethong
Sebagai media untuk menanam, gunakan campuran tlethong (kotoran sapi), pakis, dan sekam. Sebaiknya menggunakan tlethong yang sudah lama dan berwarna hitam. Tetapi, kalau tlethong-nya masih baru (berwarna cokelat) hendaknya dicampur dengan tanah.

* Pot besar
Pot yang digunakan untuk menanam lebih baik yang besar. Meskipun pohon yang ditanam masih kecil, nanti akan lebih cepat berkembang bila memakai pot besar.

* Tanpa sekam
Untuk tanaman air, pot dan medianya harus disiapkan dulu. Begitu tanaman dipotong atau diambil, bisa langsung ditanam. Media tanaman air sama dengan tanaman yang di tanah. Hanya, tidak pakai sekam karena nanti akan mengambang. Cukup menggunakan tlethong dan potongan pakis

.

* Tanah gembur Tanah jangan sampai mengeras. Bila tanah keras, harus dibersihkan dan digemburkan. Namun, jangan melakukan itu dekat pohonnya, karena terkadang tumbuh tunas.

* Untuk bunga teratai Agar airnya tampak bening terus, saat menanam disiapkan dulu tlethong yang dicampur dengan pakis dan di atasnya diberi pasir setebal dua sentimeter. Kemudian baru bunga teratai ditanam. Setelah itu tanahnya ditutup dengan bagor (anyaman kasar dari daun rumbia), air dituang ke dalam pinggir pot secara pelan-pelan. Setelah air cukup, bagor dibuka.nri