Banyak Jenis Herba Atasi Perut Mulas
(03/29/2007)

BATU EMPEDU berulah, perut bisa mulas. Maag kumat, perut bisa mulas dan sebah. Masuk angin dan diare, perut juga dapat muneg-muneg. Banyak pasal yang dapat membuat perut terasa mulas dan muneg-muneg.

Dalam bahasa medis mulas perut disebut kolik. Tanda serangan penyakit ini adalah munculnya rasa nyeri di bagian usus dan sekitarnya. Oh ya, saat wanita datang haid kadang juga disertai perut mulas. Menyusui terlalu banyak dapat pula memicu perut mulas.

Gangguan kesehatan ini bisa datang tiba-tiba dan membuat nafsu makan menurun. Ditandai dengan usus yang seolah-olah bergerak dan selalu bersuara.

Seringkali buang air besar dan kadang disertai kentut yang berbau busuk. Serangan ini dapat berkurang setelah penderita dapat muntah.

Terapi herbal apa saja yang dapat digunakan? Banyak bahan alami dapat dipakai untuk menyembuhkan kolik. Antara lain kencur, jahe, kedaung, mengkudu, sembung, pati aren, batang gayam dan akar camcao batang.

Bila menggunakan kedaung, sangrai 8 biji kedaung hingga hangus, lalu digiling halus, seduh dengan setengah gelas air matang panas, tambah 1 sdm madu, aduk sampai rata dan hasilnya diminum sekaligus.

Atau gunakan 5 jari akar camcao batang, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin disaring, minum hasilnya 2-3 kali sehari.

Ramuan berikut juga dapat menyembuhkan perut mulas. Bahannya terdiri 1/2 ggm beluntas, 1/4 ggm legundi, 1/5 ggm galing kerbau, 1.4 ggm lombok rawit dan 3 jr gula aren. Seluruh bahan direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tinggal dua gelas,. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum 3 kali sehari. (Jbo)