Hoby Tanaman Obat
Adit_Cool (10/30/2008)
(Dimuat di Majalah Herba Edisi 36/Juli 2005 dan www.karyasari.com)

Setiap orang pasti punya hobi, dan umumnya hobi itu menciptakan pengeluaran ekstra. Tapi untuk sebagian orang justru sebaliknya~ hobi bisa mendatangkanpenghasilan tambahan. Selain mendapatkan kesenangan yang diinginkan, rupiah pun mengalir ke kantong kita.

Berawal dari Hobi

Seperti hobi yang sudah cukup lama digeluti Ibu Dewani, yang pada akhirnya membawa ia menjadi pengusaha tanaman obat. Rasa cinta dan hobi pada tanaman sudah sejak lama tumbuh di hati, namun karena kesibukan mendampingi suami tugas di Luar Negri membuat hobi itu sempat tertunda. Baru sekitar tahun 2000 hobinya itu bisa tersalurkan. Wanita yang tidak suka bunga ini mengaku pernah.juga mencoba menjadi petani buncis. Ternyata menjadi petani tidak semudah yang dibayangkannya. Banyak kendala yang dihadapi terutama dalam hal pemasaran. Namun pengalaman tersebut tidak membuatnya patah semangat. Pada tahun 2001 saat mengunjungi pameran tanaman yang biasa diadakan di lapangan BantengĀ­ Jakarta, ibu Dewani melihat beberapa pengusaha tanaman obat yang ikut serta. Akhirnya ibu dari dua orang anak ini terinspirasi untuk bertanam tanaman obat. " Saya pikir bertanam tanaman obat itu multi manfaat, selain untuk hobi juga bermanfaat untuk kesehatan, selain itu pengetahuan saya juga menjadi bertambah", ujar ibu yang terlihat masih energik diusianya yang sudah kepala empat ini.


Selamat datang di Plantamor. Situs ini kami kembangkan sebagai ajang untuk berbagi informasi mengenai tumbuhan mulai dari nama ilmiahnya, nama umumnya, kekerabatannya, hingga penampakannya. Selain itu, di situs ini kami juga berbagi infomasi mengenai berbagai hal yang relevan dengan dunia tumbuhan. Melalui peta online kami juga menyediakan sarana untuk melihat secara virtual penampakan berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata tempat tumbuhnya.

Informasi tentang nama-nama tumbuhan di situs ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Untuk nama-nama ilmiah dan taksanya sebagian besar kami merujuk ke situs tumbuhan milik USDA (US Department of Agriculture). Sumber lain yang paling sering kami jadikan rujukan adalah buku "Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees" hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum tumbuhan dalam bahasa Inggris di situs ini hampir bisa dipastikan berasal dari dua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Kami juga mengacu ke sumber-sumber lain jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih Anda telah mengunjungi situs kami. Situs ini merupakan kreasi pribadi yang sama sekali tidak memiliki kaitan dengan institusi manapun. Karena itu kami sangat senang apabila Anda bersedia menyumbangkan kritik atau saran untuk meningkatkan manfaat dan perbaikan yang berkelanjutan dari situs ini. Kami dapat dihubungi melalui alamat email di muslihudin dot c at gmail dot com.



Terima kasih,
Cak Mus