TUMBUHAN DAN SEJARAH (SM)

345 juta SM
Periode ini dikenal dengan istilah periode Mississippi, yang juga merupakan babak akhir dari era Devonian. Tumbuhan dari periode ini hingga periode Pennsylvania (225 juta tahun yang lalu) adalah tumbuhan yang fosilnya sekarang kita kenal sebagai batu bara.
570 juta SM
Memasuki era Paleozoic (Yunani: palaio = tua, zoion = hewan, -- masa awal kehidupan hewan).
395 juta SM
Awal periode Devonian. Lapisan sisa tumbuhan dari periode ini ditemukan di Scotlandia dan diketahui sebagai sisa dari tumbuhan Rhynia, salah satu jenis tumbuhan berpembuluh (vascular) tertua yang pernah ditemukan fosilnya. Sejak 350 juta tahun yang lalu tumbuhan darat sudah mulai banyak. Pada akhir masa Devonian, Calamities (ekor kuda raksasa) mulai melimpah jumlahnya dan dianggap sebagai jenis tumbuhan yang mewakili jaman tersebut. Seperti kita ketahui tumbuhan berbiji (Archaeosperma dan Spermolithus) baru ditemukan bukti keberadaannya pada akhir masa Devonian. (Bold, Alexopoulos, & Delevoryas, 1980)
900 juta SM
Batuan sisa kehidupan dari masa Precambrian yang ditemukan di Bitter Springs, Australia dipenuhi dengan berbagai jenis agar biru dan agar hijau. (Bold, Alexopoulos, & Delevoryas, 1980)
1.6 milyar SM
Bukti kuat menunjukan bahwa pada periode ini bumi telah dihuni oleh tumbuhan bersel tunggal berupa agar berbentuk benang (filamentous) dan agar biru. (Bold, Alexopoulos, & Delevoryas, 1980)
2 milyar SM
Data menunjukan bahwa pada periode ini kehadiran oksigen di bumi mulai menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan pada sifat-sifat atmosfir. (de Duve, 1995)
3.5 milyar SM
Seumur lapisan batuan sisa kehidupan tertua. Di Afrika Selatan telah ditemukan batuan dari masa Precambrian yang terbentuk dari kumpulan ganggang hijau biru (cyanobacteria). (Bold, Alexopoulos, & Delevoryas, 1980). Temuan ini hingga sekarang masih dipercaya sebagai bukti sejarah paling tua mengenai awal kehidupan di bumi.
3.75 milyar SM
Terjadinya senyawa ferrous (Fe) dan ferric oxide (FeO) adalah pertanda adanya kandungan oksigen dalam atmosfir saat itu. Ini juga sebagai pertanda adanya proses fotosintesis. (de Duve, 1995)
5 milyar+ SM
Karbon (unsur pokok dalam kehidupan), oksigen, dan unsur-unsur kimia lain terbentuk dari hasil ledakan sangat hebat yang disebut ledakan Supernova. Ledakan ini juga merupakan awal terbentuknya bintang-bintang dan lahirnya galaksi Milky Way. (Dauber & Muller, 1996) Memang ada juga informasi yang menyebutkan bahwa saat tersebut bukanlah saat awal terbentuknya unsur-unsur tersebut di atas.