Menikmati Segarnya Jus Buah
(07/04/2006)

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau buah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, maka wajar kalau banyak orang yang mau mengonsumsinya. Namun selain itu, rasa yang nikmat dan segar kerap menjadi atasan lain.

Ada banyak cara untuk bisa menikmati kesegaran buah, dari yang dimakan langsung, sebagai hiasan makanan, atau dijus. Untuk bisa menikmati jus buah yang segar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Sebelum memulai cuci terlebih dahulu buah tersebut agar kebersihannya bisa lebih terjamin. Kemudian potong dan buanglah bagian-bagian buah yang mengalami kerusakan, langkah ini dimaksudkan pula agar buah-buah tersebut bisa masuk ke dalam mesin. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa juicer yang akan digunakan sudah bersih.

Demikian juga untuk mengupas buah yang akan di-jus, perhatikan dengan saksama biji bijian dari buah --terutama yang keras. Meski memungkinkan untuk ikut hancur saat dijus, tapi sedikit banyak biji-biji tersebut akan mengurangi sensasi saat menikmati hidangan jus. Apalagi kalau biji tersebut tidak hancur sampai halus dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dalam pencernaan.

Kemudian khusus untuk buah yang tidak memiliki banyak kandungan air --seperti pisang, pepaya, dan alpukat-- bisa ditambahkan sedikit air, susu, atau fresh juice dalam kemasan yang banyak dijual di supermarket dan swalayan. Langkah ini juga bisa dilakukan untuk menyiasati buah-buah yang rasanya kurang manis -- disamping dengan menambahkan gula atau madu.

Untuk menambah kesegaran jus, bisa ditambahkan air dingin atau es batu. Kemudian buah yang sudah selesal di jus sebaiknya segera dinikmati karena selain masih segar, hal ini dimaksudkan agar kandungan nutrisi yang ada di dalam tidak berkurang. Tapi kalau memang tidak mau langsung menikmatinya, letakkan jus tadi di dalam tempat yang tertutup rapat, karena udara dan hawa panas dapat mengurangi kesegaran dan nutrisi buah.

Selamat mencoba dan selamat menikmati. (ASP)

Plantamor adalah situs pribadi yang didedikasikan sebagai tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan mulai dari nama-namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk di antaranya peraturan perundangan, peta online kawasan konservasi, artikel dan peristiwa sejarah terkait tumbuhan, dan sarana virtual untuk melihat tampilan fisik berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata di berbagai sudut dunia.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam database Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA (US Department of Agriculture). Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari dan menggunakan sumber-sumber pengetahuan lain, termasuk pengetahuan dan pengalaman pribadi, jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus