Save Our Nature for Next Generations
Wahyu Fajar Widodo (05/28/2009)
Indonesia merupakan negara agraris, sebagian besar penduduknyabergantung pada sektor pertanian. Dengan didukung oleh faktor alam,tanah pertanian yang subur merupakan sumberdaya yang sangat potensial,sangat menunjang untuk terus kita kembangkan.

Dengan berjalannya waktu, kesuburan itu sudah mulai berkurang, bisakita rasakan dari hasil produksi pertanian yang kian menurun.

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh para ahli pertanian untukmenanggulangi dan meningkatkan hasil produksi, tapi hampir semuaprogram selalu mengedepankan pemakaian pupuk kimia, bibit unggul yangberlebih dan pada akhirnya terjadi peningkatan biaya produksi.

Kurang efektifnya pupuk kimia pada saat ini dikarenakan oleh tanahpertanian yang sudah jenuh oleh residu sisa bahan kimia yang tidaktermanfaatkan oleh tanaman. Dan perlu dicermati dengan pemakaian pupukkimia yang terus menerus selama hampir lebih dari 30 tahun,menyebabkan ekosistem biologi tanah jadi tidak seimbang.

Melihat permasalahan yang dihadapi oleh dunia pertanian, terutamapetani secara sosial ekonomi, semakin terpuruk. kini saatnya petaniuntuk bangkit menjadi komponen bangsa yang Mandiri dan mampumengoptimalkan sumber daya lokal yang ada di sekitar kita, bahkancenderung melimpah untuk dijadikan bahan yang berguna.

Ketergantung terhadap supply pupuk kimia yang selama ini selalu disubsidi pemerintah, harus segera bisa dikurangi dengan cara pemberianbahan Humus Organik, yang mengandung Micro Organisme pada tanahpertanian, agar mampu mendaur ulang residu sisa pupuk kimia, secaraalami hingga terjadi ekosistem yang belakangan ini terganggu bahkan rusak.

Dalam beberapa waktu ke depan, harga pupuk akan terus meningkat karenasubsidi dari pemerintah berangsur akan dikurangi. Sering terjadihilang di pasaran pada saat petani membutuhkan, karena di permainkanoleh oknum yang nakal, demi keuntungan pribadi dan pada akhirnyapetani harus membayar harga yang lebih tinggi dari harga semestinya.

Wujud nyata kepedulian kami adalah, mengembangkan dan menyediakanbahan organik yang siap pakai, dan mudah pengaplikasianya. Mengajakkepada petani untuk memperbaiki struktur tanah pertanianya,mengembangkan pola pertanian semi organik yang sangat cocok pada saatini, dengan beberapa keuntungan diantaranya sbb:

  • Kesuburan tanah dikembalikan secara bertahap.
  • Mengurangi penggunaan pupuk kimia, secara bertahap
  • Bertani lebih ramah lingkungan.
  • Mendukung Gerakan dan Program Pemerintah `? Back to Nature 2010?

Pola Pertanian Semi Organik
Pola pertanian ini sangat tepat untuk dilakukan saat ini, karena untukmenyongsong program pemerintah di tahun 2010, seluruh pertanian haruskembali dengan cara yang alami secara bertahap, melalui program inisemua komponen penunjang disiapkan, bahkan petani akan siap secaraFisik dan Mental.

Memperbaiki Kesuburan Tanah Pertanian secara bertahap
Humus Organic Soil Conditioner, salah satu Bio-Fertilizer Hayati,ramah lingkungan, kaya akan bahan Organik yang diperlukan untukpertumbuhan tanaman.Perpaduan Humus Organic dengan senyawa Bio-Aktivator akan mampumeningkatkan kualitas Fisik, Kimia dan Biologi tanah pertanian.Dengan meningkatnya Bio-activator, kehidupan biota tanah akanmeningkat, dan mampu mengurai residu dari pupuk kimia yang tidaktermanfaatkan oleh tanaman, dijadikan unsur Hara (Micro & Makro) agarbisa dimanfaatkan kembali oleh tanaman.Menjadikan tanah pertanian sebagai gudang unsur Hara dari hasil daurulang residu pupuk kimia, oleh Micro Organisme yang terkandung dalamhubungan Micro Biologi yang sangat komplek.

Mengurangi Pemakaian Pupuk Kimia ( anorganik ).
Bio-aktivator mendaur ulang residu pupuk kimia yang sudah tidak bisadimanfaatkan oleh tanaman sehingga menjadikan tanah pertanian kayaakan unsur hara dan lebih subur, untuk tahap pertama penggunaan pupukkimia bisa dikurangi hampir 50% dari dosis applikasi normal, danselanjutnya cenderung menurun, dengan tujuan mengurangi ketergantunganterhadap pasokan pupuk kimia yang sering kali hilang ketersediannyapada saat dibutuhkan. Dengan anjuran ini hasil panen tetap dapatmeningkat sampai dengan 50%.

Bertani Lebih Ramah Lingkungan
Bio-aktivator mampu mendaur ulang sisa bahan kimia yang tersisa ditanah pertanian, untuk dijadikan unsur hara yang diperlukan dalamproses pertumbuhan tanaman dan kesuburan tanah secara alami.Dengan Bio-aktivator proses dekomposisi terus belangsung, sehinggasisa bahan pupuk kimia yang tidak bisa dimanfaatkan menjadi bergunakembali, terbuki dengan berkurangnya pemakaian pupuk kimia pada setiapmusim tanam. Biota tanah perlahan akan dikembalikan, secara alami.

Program Pemerintah 'Back to Nature 2010'
Pola pertanian ini sangat tepat untuk dilakukan saat masa peralihan,karena untuk menyongsong program pemerintah di tahun 2010, seluruhpertanian harus kembali dengan cara yang alami, secara bertahapmelalui program ini semua komponen penunjang disiapkan, bahkan petaniakan siap secara Fisik dan Mental.

Plantamor adalah situs pribadi yang didedikasikan sebagai tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan mulai dari nama-namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk di antaranya peraturan perundangan, peta online kawasan konservasi, artikel dan peristiwa sejarah terkait tumbuhan, dan sarana virtual untuk melihat tampilan fisik berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata di berbagai sudut dunia.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam database Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA (US Department of Agriculture). Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari dan menggunakan sumber-sumber pengetahuan lain, termasuk pengetahuan dan pengalaman pribadi, jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus