Bunga Lotus, Tanaman Air yang Cantik
Aditya (http://jasadesaintaman.com/) (12/04/2009)

Nelumbo-nucifera-1

Pernah dengar bunga lotus? Ya bunga lotus dengan nama latin Nelumbo nucifera merupakan jenis tanaman yang hidup dan tumbuh di air. Bunga ini juga sering disebut dengan bunga Seroja. Bunga lotus termasuk dalam famili Nymphaeaceae, dengan perbanyakan dengan cara rimpang dan biji.

Perbedaan Bunga Lotus dengan Bunga Teratai

Bunga-Teratai-dan-Bunga-Lotus

Oh ya, bunga lotus tidak sama dengan bunga teratai lho... Karena seringkali orang menyamakan bunga ini dengan bunga teratai. Cara membedakannya adalah:

  • Daun teratai mengambang di permukaan air, sedangkan daun lotus menjulur ke atas.
  • Bunga teratai memiliki pusat bunga yang kecil, sedangkan bunga lotus memiliki pusat bunga yang besar.
  • Bunga teratai memiliki warna yang beragam, sedangkan bunga lotus hanya memiliki warna bunga putih atau merah muda.

Spesifikasi Bunga Lotus

Nelumbo-nucifera-2

Nah, setelah mengetahui perbedaannya antara bunga lotus dengan bunga teratai, berikut ini adalah penjelasan spesifik dari bunga lotus.

  • Daun lotus memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau yang menjulang ke atas. Sedangkan bunganya memiliki kelopak besar, berwarna putih atau merah muda, dan memiliki ujung kelopak melancip.
  • Akar dari tanaman ini tumbuh menjalar di dalam media tanam.
  • Media tanam yang baik adalah tanah berlumpur dengan air setinggi 10-20 cm di atas permukaan tanah.

Kegunaan Dalam Desain Taman

Kegunaan bunga lotus dalam desain taman adalah sebagai decorative water plant jika ditanam secara massal. Mungkin bagi sobat yang sangat menyukai tanaman jenis ini dan memiliki luas lahan yang besar, maka sobat bisa membuatkan kolam yang besar dan di isi dengan bunga ini. Tapi jangan kuatir dengan sobat yang memiliki keterbatasan lahan. Bunga ini masih bisa ditanam di dalam pot atau kolam kecil seperti yang telah saya jelaskan di spesifikasi di atas.

Sewaktu di Ubud dulu, sebuah kolam besar antara restoran yang bernama "The Pond" dan "Pundi-pundi" (maaf bukan promosi), memanfaatkan kolam tersebut dengan mengisi bunga lotus dengan jumlah banyak. Selain itu mereka juga meletakkan sebuah patung dengan air mancur di tengah kolamnya. Suasana nyaman dan romantis tercipta dengan adanya kolam tersebut.

Kegunaan lainnya

JaRenkonLotusTidak hanya sebagai pelengkap dari keindahan suatu kolam tanaman air, keseluruhan dari bunga lotus juga memiliki kegunaan lainnya. Menurut Paman Wiki, bagian tengah dari bunganya dapat dijadikan garnish (hiasan dari sebuah sajian makanan). Sedangkan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan.

Di Korea ada teh herbal yang bernama tisane. Teh ini terbuat dari bunga dan daun dari bunga lotus. Sebutan bunga ini di di beberapa negara sebagi berikut:

  • The rhizome atau ǒu () di pinyin Chinese
  • Ngau di Cantonese
  • Bhe in India
  • Renkon (レンコン, 蓮根) di Jepang
  • Yeongeun (연근) di Korea.

Dari beberapa negara tersebut menggunakan tanaman ini sebagai sayur pada sup, deep-fried, stir-fried, dan braised dishes.

Plantamor adalah situs pribadi yang didedikasikan sebagai tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan mulai dari nama-namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk di antaranya peraturan perundangan, peta online kawasan konservasi, artikel dan peristiwa sejarah terkait tumbuhan, dan sarana virtual untuk melihat tampilan fisik berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata di berbagai sudut dunia.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam database Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA (US Department of Agriculture). Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari dan menggunakan sumber-sumber pengetahuan lain, termasuk pengetahuan dan pengalaman pribadi, jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus