CAGAR ALAM

Cagar Alam Rawa Danau
Serang, Banten

Balai Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem
Pemerintah Provinsi Banten
CAGAR ALAM
RAWA DANAU
Serang
Dasar Penetapan:
GB. No. 60, Stbl.689, 16 November 1921 -- Keputusan Menteri Kehutanan No. SK.3586 / Menhut-VII/KUH
Luas area: 3.542,70 ha.
Nomor Register Kawasan: 100212051
KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN

Vegetasi hutan hujan pegunungan, diantaranya gaharu (Aquilaria, sp), kiara (Ficus sp), gintung (Bichopia javanica), bungur (Lagerstrumia speciosa), kibawang (Dysoxylum alliaceum), kondang (Ficus variegata) dan lainnya.

Vegetasi rawa di antaranya gempol (Antocepalus cadamba), tongtolang (Elaecocarpus obtuse), gagabusan (Alstonia spatucata), jajaway (Urostigma rumpii), kadeper (Mangifera gedebe) dan yang lainnya.

Tumbuhan bawah di antaranya kareo (Alocasia bantamensis), bolang (Calocasia esculenta), cakung (Crinum asiaticum), mendong (Funbristylis glohisa), walingi (Cyperus clatus), wiru (Likuala pumila), kantong semar (Nepenthes sp) dan yang lainnya.

Vegetasi perairan danau adalah miminyakan (Hymenachen amplecaulis), babakoan (Polygonum pulcum), eceng gondok (Eichachornia crassipes), kiyambang (Savinia molesta), putri malu (Mimosa pudica), rumput lameta (Lersia hexandra), rumput ilat (Alstonia vilata), pacing (Costus sp).

(Sumber info: http://bbksdajabar.ksdae.menlhk.go.id/)

Plantamor adalah situs pribadi yang didedikasikan sebagai tempat berbagi informasi yang berkaitan dengan pengenalan berbagai jenis tumbuhan mulai dari nama-namanya, tampilannya, keindahannya, tempat tumbuhnya, hingga hubungan kekerabatan mereka antara satu dengan lainnya. Selain itu, Plantamor juga menyediakan berbagai informasi tambahan yang relevan dengan dunia tumbuhan termasuk di antaranya peraturan perundangan, peta online kawasan konservasi, artikel dan peristiwa sejarah terkait tumbuhan, dan sarana virtual untuk melihat tampilan fisik berbagai jenis tumbuhan di lokasi nyata di berbagai sudut dunia.

Nama-nama ilmiah dan taksa yang tersimpan di dalam database Plantamor adalah kumpulan dari berbagai sumber, terutama USDA (US Department of Agriculture). Buku utama yang paling sering kami jadikan acuan adalah Tropica; Color Cyclopedia of Exotic Plants and Trees hasil karya Alferd Byrd Graf. Nama-nama ilmiah dan nama-nama umum dalam bahasa Inggris hampir bisa dipastikan berasal dari kedua sumber utama tersebut. Adapun nama-nama umum dalam berbagai bahasa di Asia Tenggara banyak kami ambil dari buku-buku terbitan PROSEA (Plant Resources of South-East Asia). Tentu saja, kami juga tetap selalu mencari dan menggunakan sumber-sumber pengetahuan lain, termasuk pengetahuan dan pengalaman pribadi, jika dirasa masih diperlukan untuk verifikasi dan tambahan informasi.

Terima kasih anda telah mengunjungi kami. Jika ada saran dan koreksi, silakan anda sampaikan melalui plantamor dot com dengan nama akun muslihudin. Kami akan menerimanya dengan senang hati.



Terima kasih,
Cak Mus